Yayasan Tunasmuda Care (T.Care) tergerak untuk melakukan gerakan “KolaborAKSI Melawan COVID-19”. Sebagai upaya mendukung pemerintah dalam penanganan penyebaran COVID-19, gerakan ini merupakan inisiasi T.Care untuk mengajak sesama agar saling membantu dan berkontribusi untuk berbagai pihak yang terkena dampak dari wabah Corona ini. T.Care turun bersama berbagai komunitas maupun lembaga dalam berbagai kegiatan.

Kegiatan yang dilakukan antara lain: Pertama, pembagian kebutuhan pokok lewat bantuan dana infaq atau donasi untuk keluarga dhuafa yatim agar selama proses isolasi di rumah kebutuhan mereka terpenuhi. Paket tersebut berupa sembako dan kesehatan yang terdiri dari beras, minyak, telur, mie instan, hand sanitizer, masker, multivitamin, dan cairan disinfektan. Penyaluran paket ini dilakukan pada tanggal 23 Maret 2020 meliputi wilayah Jakarta Timur dan Depok. Penerima manfaatnya merupakan keluarga dhuafa dan anak yatim binaan dari t-care.

Kedua, T.Care membuka peluang untuk sekolah, masjid/musholla, maupun masyarakat umum untuk melawan COVID-19 dengan penyemprotan disinfektan gratis. Dalam kegiatan ini, T.Care berkolaborAKSI dengan MUI Kecamatan Ciracas dan DMI Ciracas dalam upaya melawan COVID-19 ini dengan melakukan penyemprotan disinfektan 150 masjid dan musholla di wilayah Ciracas. Penyemprotan disinfektan ini mulai dilakukan dari tanggal 24 Maret 2020 sampai dengan press release ini diterbitkan. Kegiatan ini memancing berbagai pihak untuk saling berkolaborAKSI, salah satunya komunitas Sedekah Jumat Rombongan. Pengumpulkan donasi komunitas tersebut pada minggu ke-4 bulan Maret dialokasikan untuk kegiatan penyemprotan disinfektan ini.

Ketiga, melihat kebutuhan APD yang semakin hari semakin meningkat namun ketersediaan stok APD di lapangan yang kekurangan bahkan sangat jauh dari standar kesehatan WHO. T.Care berinisiatif untuk memproduksi APD yang akan langsung disumbangkan ke fasilitas kesehatan (faskes) untuk pejuang tenaga medis yang membutuhkan. Pembuatan APD ini sekaligus mendukung perekonomian penjahit UMKM PIK di Pulo Gadung yang sedang kesulitan order di tengah wabah Corona ini. Bahan yang digunakan untuk pembuatan APD adalah spoundbound 75 gsm dan parasut (sebagaimana hasil konsultasi dengan dokter terkait). Produksi pertama dilakukan pada tanggal 30 Maret 2020 dengan masa pengerjaan 2 – 3 hari yang selanjutnya masuk tahap pendistribusian. Pada pendistribusian pertama rencananya akan diberikan kepada RS Jogja sebanyak 50 paket APD dan 100 paket APD untuk RS Persahabatan, Jakarta.

Keempat, T.Care bekerjasama dengan CV. Kiprah Gemilang Indonesia dalam memproduksi hand sanitizer. Pendistribusian hand sanitizer ini dilakukan pada tanggal 1 April 2020 untuk pekerja lepas, seperti ojek online dan pedagang kaki lima di wilayah Jakarta Timur. Kegiatan ini disambut baik oleh pekerja lepas tersebut, pasalnya mereka harus tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka di tengah wabah Corona ini. Dengan pemberian hand sanitizer ini harapannya bisa membudayakan cuci tangan yang bersih dan menghambat penyebaran COVID-19 ini.

Kelima, melihat maraknya pembelian masker selama wabah Corona ini mengakibatkan sampah masker bercampur dengan sampah biasa di TPA, salah satunya di TPST Bantar Gebang. Hal ini dapat berdampak pada penularan penyakit pada pekerja yang terlibat langsung dalam pemilahan sampah, seperti pemulung dan pekerja kebersihan maupun keluarganya. T.Care berinisiatif untuk mendistribusikan bantuan berupa sprayer disinfektan dan hand sanitizer untuk para pekerja di TPST Bantar Gebang sebagai upaya dalam menghambat penyebaran COVID-19 ini.

T.Care senantiasa mengajak berbagai pihak untuk saling berkolaborAKSI dalam melawan COVID-19 sebagai bentuk nyata kepedulian dan upaya mendukung pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran Virus Corona di Indonesia. “Terima kasih untuk semua yang telah berkolaborAKSI dalam aksi kebaikan melawan COVID-19 ini. Untuk para individu yang peduli, untuk semua komunitas pelopor kebaikan, untuk semua instansi yang tak terhingga memberikan support yang luar biasa. Semoga apa yang terjadi di Indonesia saat ini menjadi pelajaran berharga dalam kita semua lebih saling peduli dengan lingkungan terkecil kita, yaitu keluarga maupun lingkungan bermasyarakat” ujar Hendra Ikhwan selaku Direktur Tunasmuda Care (F).